October 9, 2012

Selama ini kita coding dimana?

Salah satu bidang yang bikin saya penasaran di komputer adalah computer networking. Setelah membaca bukunya James F. Kurose dan Keith W. Rose yang berjudul Computer Networking: A Top-Down Approach Featuring the Internet, saya mendapat pencerahan! Dalam Internet protocol, aplikasi-aplikasi serta program-program ngga jelas yang selama ini telah saya buat berada pada Application Layer. Layer paling atas dari protocol yang digunakan dalam berinternet ria.

Jadi, dalam berinternet, dalam berkomunikasinya ada peraturan-peraturan yang disebut dengan protocol. Nah peraturan tersebut ada beberapa, disebut dengan model. Model yang paling banyak ditemui pada saat ini adalah model IP yang terdiri dari.. hmm lupa, 7 layer (lapisan) kalau tidak salah. Tapi di dalam buku yang saya sebut diatas, ada model baru yang disebut dengan model hybrid, digunakan untuk menperjelas tujuan tiap-tiap lapisan di dalam model.

Mari kita lihat lapisan-lapisan dalam model hybrid ini. Dari paling atas ke paling bawah urutannya:
1. Application layer - tingkat paling atas, untuk berkomunikasi pokoknya tinggal terima jadi deh
2. Transport layer - menyediakan komunikasi secara logis dengan proses pada komputer lain
3. Network layer - menyediakan komunikasi secara logis dengan komputer lain
4. Data-link layer - melanjutkan pesan agar mencapai ke-tujuannya
5. Physical layer - layer fisik, menggunakan gelombang cahaya untuk mengirimkan pesan ... -_-

Jadi apa gunanya lapisan-lapisan tersebut?
Lapisan tersebut digunakan agar komputer-komputer di seluruh dunia dapat berkomunikasi melalui internet. Jadi kalo internet kita anggep sebagai pesta pernikahan, buat masuk ada peraturannya, misal: harus make baju bagus, harus bawa suvenir (-_-), harus isi daftar tamu, dst. Eh analogi ini tidak mewakili bagaimana cara berkomunikasi lewat internet, tapi hanya syarat komputer agar bisa berkecimpung dalam internet.

Jadi intinya kita sebagai programmer bisa bernaung di-lapisan mana aja sih. Kalo saya cenderung sebagai desktop programmer ya bernaungnya di layer 1 sampai layer 2 aja, ngga perlu tau dengan layer dibawahnya (perlu sih, dikit). Lalu kalo kalian tukang server, kerja di Cisco, atau perusahaan router atau switch lainnya yaa cenderung programming di layer 3, 4, atau 5. Kalau kalian lulusan teknik elektro, belajar bahasa assembly, ilmuwan akustik, fisikawan, dst ya cenderung di layer 5.

***

Yaak sekian artikel refreshing setelah berbulan-bulan tidak nge-blog. Ada hubungannya tentang kenapa saya buat game online di post sebelumnya loh, hehe. Karena pemahaman saya masih sedikit, kalo ada salah harap bilang-bilang ya.

2 comments: