December 26, 2010

Membuat game tetris!

Akhirnya game tetris yang saya buat selesai juga! Gamenya bisa dilihat disini: http://greenfootgallery.org/scenarios/2296

Pada game tetris ini saya hanya mempunyai beberapa class(kelas) pokok, yaitu:
  • TetrisWorld yang merupakan subclass dari World, disini kita akan banyak membuat gameplay.
  • Tetromino yang merupakan kelas abstrak, subclass dari Actor, disinilah fisik dan sifat dari blok-blok tetris dibuat. Kelas tetromino ini mempunya banyak subclass(subkelas) yang berupa bentuk bentuk yang sudah tidak abstrak lagi (sudah konkrit). Subkelas tersebut hanya memberikan informasi tentang lokasi dari blok-blok pembentuk tetromino, karena sifat sifatnya sudah terkandung dalam kelas tetromino ini. Berikut ini adalah subkelas dari Tetromino:
    • TBlock - bongkahan tetris berbetuk T
    • SBlock - bongkahan tetris berbetuk S
    • OBlock - bongkahan tetris berbetuk O
    • LBlock - bongkahan tetris berbetuk L
    • ZBlock - bongkahan tetris berbetuk Z
    • JBlock - bongkahan tetris berbetuk J
    • IBlock - bongkahan tetris berbetuk I
  • Block yang merupakan blok pembangun tetromino, tidak ada kode yang istimewa, hanya untuk membantu kode pada kelas Tetromino.
Sedangkan kelas lainnya pada game ini hanyalah tambahan. Berikut ini kelas tambahan dan fungsinya:
  • Counter kelas untuk menampilkan skor pada game ini. Kelas ini bisa di download di kelas pembantu    http://greenfoot.org/programming/classes.html
  • MidiPlayer kelas untuk memainkan/membuat midi. Bisa didapatkan pada link diatas juga.
  • MidiFilePlayer kelas untuk memainkan file midi. Karena saya mengalami sedikit masalah pada kelas MidiPlayer, maka saya cari kelas lainnya untuk memainkan musik midi, dan saya menemukan kelas ini dari skenario milik tantinton pada greenfootgallery.org
Oke bagi yang mau mempelajarinya, silahkan download dulu sourcenya dari sini:
http://greenfootgallery.org/scenarios/2296
      Update!!! 30, April 2011 
       Telah terjadi error pada pemutar midi, jadi scenarionya tidak bisa dimainkan, tetapi bisa di akali dengan tidak menggunakan suaranya.

      1 comment:

      1. Apakah bisa membuat tombol keluar aplikasi (selain tombol X)? tolong bantu saya jika bisa, saya butuh itu, trimakasih atas bantuannya . . .

        ReplyDelete