February 10, 2009

Mendeteksi Mouse Input

Kali ini saya ingin membuat game tembak tembakan, tentunya, menggunakan Greenfoot!
Seperti biasa, semuanya dimulai dengan langkah default.

1. Membuat Sub Class dari World Class bernama... Papan
2. Memasukan parameter Constructor World, super(400,200,1);

Untuk kali ini, hanya itu saja, yap! itu saja.
Kita akan bermain di Papan.class nya.. tanpa ada objek.

Pada awalnya, beginilah class Papan tersebut (setelah saya hapus comment commentnya)

import greenfoot.*; // (World, Actor, GreenfootImage, Greenfoot and MouseInfo)

/**
* Mendapatkan Input dari Mouse
*
* Keenan M
* 1.0
*/
public class Papan extends World
{
public Papan()
{
super(400, 200, 1);
}
}

Sederhana bukan ? :)
Selanjutnya, saya tambahkan beberapa kode pada act() method.
Sekedar info, act() method juga ada di World class lhoo.

import greenfoot.*; // (World, Actor, GreenfootImage, Greenfoot and MouseInfo)

/**
* Mendapatkan Input dari Mouse
*
* Keenan M
* 1.0
*/
public class Papan extends World
{
public Papan()
{
super(400, 200, 1);
}

public void act()
{

}
}

Kerangkanya sudah jadi.
Sekarang baru kita tambahkan Beberapa method yang di turunkan oleh class Greenfoot.
Yaitu method, Greenfoot.mouseClicked(Object obj).
Dimana apabila Objek obj di klik, akan mereturn true.
Menuliskan null di paramaternya akan mereturn true apapun klik nya.
Method tersebut me-return, apakah objek ini di klik ? kalau iya return true, kalau tidak return false.
Jadi, mari kita tambahkan ke kodenya

import greenfoot.*; // (World, Actor, GreenfootImage, Greenfoot and MouseInfo)

/**
* Mendapatkan Input dari Mouse
*
* Keenan M
* 1.0
*/
public class Papan extends World
{
public Papan()
{
super(400, 200, 1);
}

public void act()
{
if(Greenfoot.mouseClicked(null))
{
Greenfoot.playSound("mouseClick.wav"); // masukan mouseClick.wav di folder sounds, di folder greenfoot kita, bila belum ada, buat baru.
}
}
}

Compile, Run, maka jadilah scenario baru kita!
Download Greenfoot source-nya

No comments:

Post a Comment